Blueberry Baik Untuk Kesehatan Jantung


Blueberry memang jarang ditemukan di Indonesia, namun ada baiknya jika Anda mengetahui bahwa sejenis buah arbei ini bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Memakan blueberry terutama dalam program diet sehat, dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi dan kegemukan. Hal ini dikemukakan oleh tim peneliti dari Universitas Michigan.


"Kami melihat semua penyakit tersebut terkait erat menjadi pemicu penyakit jantung," demikian ujar salah satu peneliti, Mitchell Seymour yang dikutip dari Reuters.

Pada konferensi Biologi Eksperimental di New Orleans, Seymour mengatakan kandungan fitokimia alami yang tinggi dalam buah blueberry menghasilkan zat antioksidan bernama antosiamin. Antioksidan ini dapat membantu menjaga kesehatan mereka yang mengonsumsi blueberry.

Dalam studinya, Seymour beserta timnya menguji khasiat bluebery ini pada tikus yang mengalami kegemukan. Sebelumnya mereka mengekstraksi blueberry dan mengeringkannya. Lalu mereka mengamati efek pemberian bubuk blueberry terhadap makanan dengan kadar lemak tinggi dan rendah.

Makanan tersebut kemudian diberikan kepada tikus. Setelah dilakukan pengamatan selama 90 hari, Mitchell dan timnya tidak menemukan kolesterol dan trigliserida berbahaya pada tikus yang diberi bubuk blueberry. Tikus yang diberi bubuk blueberry ternyata mampu menggunakan insulin dalam darah dengan baik.
Source: gizi.net

0 komentar:

Posting Komentar