Menu Sehat Buka Puasa


Dalam kesempatan kali ini, saya akan sedikit membagi tips.. terutama bagi mereka yang pada saat ini lagi shaum atau berpuasa..tips ini cukup sederhana, yakni tips menu sehat berbuka puasa.
Banyak sekali jajanan yang ditawarkan pada bulan Ramadhan ini, entah itu di pinggir-pinggir jalan, di pasar ataupun kita langsung membelinya di pasar swalayan. Cukup variatif memang, namun semua itu tergantung pribadi masing-masing yang menilai,, yang tentunya mempertimbangkan aspek-aspek lain seperti ekonomi, safety, quality, dll…
Tapi yang menjadi pertanyaan adalah……apakah menu berbuka kita itu sehat??
Yupz, tanpa basa basi lagi.. langsung aja ke pokok topik pembicaraan.
Pada saat berbuka, usahakan sampeyan dahulukan dengan makanan yang manis-manis,,
Sebagai contoh, bisa dengan buah-buahan.. aneka hidangan berbuka seperti kolak, kelapa muda dsb..akan lebih baik jika kita dahulukan dengan menyantap kurma, jumlahnya harus ganjil yang dikonsumsi,, (ane juga kaga tau knapa hrs ganjil,,wkwkwkwkwk J )
Karena didalam kurma mengandung kadar gula seimbang sehingga cukup baik untuk kesehatan, terlebih lagi, kandungan fruktosa dalam gula dapat memproduksi energi bagi tubuh kita. disamping itu kurma juga banyak mengandung zat anti oksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.
Sebetulnya tak perlu memaksakan tajil dengan kurma saja, bahkan boleh juga kita ber-ta’jil ria dengan buah-buahan yang lain, seperti apel, mangga, pisang dsb.. yang tentunya memiliki kandungan glukosa serta fruktosa yang cukup tinggi sehingga dapat cepat dan mudah dicerna oleh organ pencernaan kita.
Setelah menyantap ta’jil tersebut,, kita isi dengan istirahat sejenak, istirahat nya yaitu dalam bentuk melaksanakan shalat maghrib,, setelah kita melaksanankan shalat maghrib, tubuh kita telah di re-charge dengan energi. Menu ta’jil tersebut dapat bertahan di perut kita hanya 1-2 jam,, artinya setelah kita berbuka, kita hanya akan kenyang 1-2 jam saja. Oleh sebab itu, mari isi perut kita dengan makanan yang jauh lebih berat porsi gizi nya, artinya kita mesti mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
Makanan tersebut tentunya ialah lauk pauk yang biasa kita makan sehari-hari,, namun, harap diingat bahwa konsumsi menu lauk pauk ini harus lah 50 % saja.. kenapa?? Karena jika perut kita terisi penuh oleh makanan,, maka ada kecenderungan bahwa tubuh akan terasa lebih berat serta malas untuk beraktifitas,, karena masih banyak agenda ibadah kita setelah berbuka, semisal tarawih, tahajud dsb. Oleh sebab itu, maka jangan terlalu banyak porsi makan nasi kita.
Menu nya terdiri dari, nasi setengah porsi, ikan (bisa daging, ayam atau ikan), tahu atau tempe atau telur (bisa pilih salah satu),, sayur asam atau sayur sop atau sayur-sayur yang lainnya, serta akan lebih muantabh jika diakhiri dengan segelas susu hangat.
Semoga artikel tips berbuka sehat ini bisa menjadi tolak ukur sejauh mana respek dan kepedulian kita terhadap tubuh masing-masing,, semoga ini semua bisa bermanfaat dan dapat di coba pada bulan puasa tahun ini. amin...

0 komentar:

Posting Komentar